Annual Leaves – Day #9 : Itadakimaaaaasu!

*Hari kedua di Jakarta, dan saya masih beradaptasi dong ah, menggunakan lu-gue lu-gue kind of thing*

Besok paginya, gue bangun karena telpon masuk  dari temen gue. Kita janjian di FX. Eh, apa EX yah ? Lupa... T_T

Setelah cipika cipiki sejenak, gue, temen gue dan adek temen gue (yang adalah temen gue juga.. apa sih bahasa gue yah, makin kaco ajah) memutuskan untuk makan di Sushi Tei. Yeeeeey. Secara ya, gue mupeng banget ngeliat status temen-temen gue di FB yang berbau-bau Sushi Tei. Jadi, gue pengen ngalamin sendiri dah sensasi si Sushi Tei ini. Kagak ada di tengah hutan dianya kan. Jadi ya mumpung nemu satu gerainya ya hyuk mari, dicobain. 

Eh ternyata, karena jam makan siang, Sushi Tei nya rame deh. Dan kita ngantri. Gue ngerasa kayak balik ke jaman SD waktu disetrap guru di depan kelas. Kenapa sih, si Sushi Tei ini nggak ngasih waiting area yang dilengkapi kursi ??? Lebih beradab kan, daripada pelanggan disuruh berdiri di pintu masuk restoran ??? Akhirnya, setelah menunggu sampe antrian kelima, nama kami dipanggil. Beneran. Dipanggil. Kayak antrian dokter gitu. Geeezz...

So, gue yang katro dong yah, secara bisa dibilang belum pernah makan sushi, bingung mo mesen makanan apa. Jadi di Sushi Tei di FX itu ada dua model penyediaan makanan. Ini gue juga baru tahu setelah keluar dari sono yah. Secara si Mbak nya nggak ngejelasin dengan bener sih, Mbak... Gimana sih?? *nyalahin orang deh. Heuu..* 

Pertama, elu bisa pesen ke Mbaknya (atau Masnya, tergantung siapa yang ngedatengin elu yah). Yang kayak gini modelnya sushi per porsi gede yang bisa dimakan rame-rame. Elu bakal dikasih buku menu. Di situ nggak cuma sushi, tapi juga ada mie, dessert, sama makanan kecilnya. 

Kedua, elu bisa ambil langsung dari belt conveyor yang mengelilingi area restorannya. Ini porsinya kecil-kecil. Sepiringnya cuma 3-4 potong. Kalau elu cuma datang di bawah 5 orang, mending ngambil yang di beltnya aja. Yang elu makan bisa banyak macam. Sepotong ini sepotong itu. Cuma ya itu, kagak ada harganya. Elu bakal nebak-nebak buah manggis. Harganya sih dibedain dari warna piring. Tapi elu masih nggak tahu, warna apa untuk harga berapa. Giliran bayar aja, mungkin elu langsung mules. Mwahahaha...

Nah, karena informasi yang nggak jelas itu, kami mesan dari buku menu. Kami kira, makanan di beltnya cuma pajangan doang....*ketawa guling guling kalo inget ini... betapa culunnya gue dan teman gue yah...*

Close Up Ramennya
Jadi, karena nungguin gue, ditambah nungguin giliran masuk yang lumayan lama, kita bertiga udah di ambang batas laper banget. So, demi melihat display-display menu di buku menu itu, kita memesan dengan kalap! Bayangkan, masing-masing pesan ramen. Terus, dua porsi sushi. Gue mesen appetizer tofu sama side dishes tamagoyaki. Gue lupa temen gue mesen appetizer sama side dishes apa enggak. Gue masih mesen dua jenis dessert. Dan finally, masing-masing pesan minuman-yang-bukan-teh-jepang. Gila nggak ? Kita cuma bertiga loh. Bertiga. Cewek semua pula.
 
Tamagoyaki-nya
Yang pertama datang, mie ramen. Jeng, jeeeeng... Ternyata porsinya besar banget! Jangan bayangkan kayak porsi mie ayam yang dijual mamang-mamang di gerobak dorong itu ya. Mangkoknya aja segede bagong. Suer! Mungkin kalo lu keisengan ngelempar copet pake tu mangkok, pingsan kali copetnya. Mienya banyaaaaak banget. Tapi ya karena dalam keadaan lapar berat, kita langsung sikat aja tu mie tanpa banyak preambule. Tandas. Mungkin dari waktu saji sampe dengan suapan terakhir cuma sepuluh menit kali. Ck, ck, ck...
  




Tofu dingin denga irisan cumi. Seger!
Nah, abis itu kita langsung kenyang dong ya... Dateng si tamago sama tofunya. Okelah, masih bisa dimakan. Telur sama tahu ini kok yaaa... Eeeh, yang berikutnya dateng sushi berbentuk naga yang mungkin ada kali 12 potong ditambah satu sushi lagi yang kurang lebih lah porsinya. Tweeww... twewwww... Kita mesennya entah niat, entah kalap, jadinya kebanyakaaaaannn.... Tapi bentuk sushinya lucu sih... Dibentuk kayak naga, lengkap dengan tanduknya. Kiyut banget. Rasanya nggak pengen dimakan deh.... Bohong banget. Hahaha. Ya pasti dimakanlah... Saking semangatnya nyomotin tu sushi, gue sampe lupa ngambil fotonya! Dua-duanya!!

The Dessert. Enyyyakkkk!!!
Akhirnya kita tiga jam di Sushi Tei. Dari yang tadinya rame banget sampe sepi banget. Meja di sekitar kita aja kayaknya udah berganti 3 pelanggan sampe kosong. Tiga jam itu ya ngabisin si dua porsi sushi tadi, sambil ngobrol-ngobrol ke sana kemari, sambil foto-foto narsis. Mbaknya aja udah ganti shift. Nah, giliran bayar, elu musti siap-siap jantung nih. Jangan sampai melorot ke kaki. Mwahahaha... Tentu juga, selain menyiapkan jantung, elu juga mesti menyiapkan dompet ya, yah minimal nyiapin kartu lah, karena kalau nyiapin jantung doang mah, bisa-bisa elu berakhir di dishwasher room..... 

Anyway, teman gue nggak enak ngeliat nominal bill nya. Dan maksa bayar setengahnya. Yeeeeh... kalau gitu mah, dimana letak nraktirnya, ya nggak ? Itu sih sama aja makan bareng bayar sendiri-sendiri. Nggak seru ah.... Apa gunanya gue kerja keras banting otak di tengah hutan sono kalau nggak bisa nraktir teman makan siang, ya nggak, ya nggak ? Tapi demi menghormati aspirasi si teman, ya udahlah, gue terima aja lembaran biru-biru dari dia, daripada ditontonin orang satu resto....

So, that’s it! Pengalaman pertama gue makan Sushi Tei.
*Gue pernah makanan Jepang sebelumnya, tapi yang model shabu-shabu, yakiniku dan sejenisnya itu. Yang jenis sushi dan mie Jepang memang baru kali itu nyobain. Kalau dipikir-pikir, makanan Jepang itu sehat-sehat yaaaa....

Disclaimer : 
Tulisan ini bukan promo Sushi Tei, bukan review juga. Kebetulan aja kita makannya hari itu di Sushi Tei karena gue kepengen. Kalau di FX (eh, atau EX yak?) nggak ada Sushi Tei dan kita masuk ke.. yah, misalnya RM Wong Solo,  ya pasti itu kata Sushi Tei diganti RM Wong Solo semua (dan nggak pake acara jantung-melorot-ke-kaki).:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang suka kuah capcaynya, silakan mengorder di sini...